Senin, 27 Maret 2017

penjelasan tentang 4 metode bahan menurun dan contohkan salah satu barangnya




Buat penjelasan tentang 4 metode bahan menurun dan contohkan salah satu barangnya!



1. Metode Jumlah Angka Tahun merupakan suatu metode penyusutan yang dipercepat yaitu sesuai pertimbangan bahwa biaya pemeliharaan dan perbaikan akan meningkat dengan bertambahnya usia aset tetap. Dengan kata lain, suatu bilangan pecahan yang semakin lama semakin kecil. Apabila umur aktiva sama dengan 4 tahun maka penyebut angka pecahannya adalah jumlah angka tahun yaitu 1 + 2 + 3 + 4 = 10. Angka pembilang pada tahun pertama sampai dengan keempat masing-masing adalah 4,3,2, dan 1. Tarif penyusutan tahun pertama adalah 4/10, tahun kedua 3/10, tahun ketiga 2/10 dan tahun keempat 1/10.


Contoh : Kendaraan (mobil/motor/mobil pengangkut)


2. Metode Saldo Menurun (Declining Balance Method) merupakan bentuk yang popular untuk mempercepat depresiasi. Tingkat yang digunakan yaitu satu kali dari tingkat yang digunakan oleh metode garis lurus.


Contoh : Mesin




3. Metode Saldo Menurun Ganda (Double Declining Balance Method) merupakan saldo menurun yang menggunakan tarip penyusutan dua kali dari yang digunakan metode garis lurus. Perhitungan saldo menurun ganda tidak mempertimbangkan nilai sisa dalam penyusutan setiap periode Namun, jika nilai buku akan jatuh di bawah nilai sisa, periode terakhir mungkin disesuaikan sehingga berakhir pada nilai sisa. Ketika metode saldo menurun ganda tidak sepenuhnya terdepresiasi aset pada akhir hidupnya, keseimbangan menurun variable metode yang dapat digunakan sebagai gantinya

Contoh : Komputer (bagi perusahaan rental komputer)


4. Metode Tarif Menurun merupakan metode dengan penurunan tarif (%) setiap periode dilakukan tanpa menggunakan dasar yang pasti, tapi ditentukan berdasarkan kebijaksanaan masing-masing perusahaan.





Contoh : Hak cipta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar