Senin, 27 Maret 2017

MANFAAT LAPORAN KEUANGAN

*   Bagi pemerintah, laporan keuangan digunakan untuk menentukan pajak perusahaan, perhitungan pendapatan nasional, juga untuk kebijakan lainnya. Misalnya suatu bank karena mengalami kredit macet melebihi 20% apakah akan di liquidasi atau diakuisisi.
*   Bagi  Investor, laporan keuangan dibutuhkan sebagai informasi untuk membantu menentukan apakah harus membeli, menahan atau menjual investasi tersebut. Pemegang saham juga tertarik pada informasi yang memungkinkan mereka untuk menilai kemampuan perusahaan untuk membayar dividen.
*   Bagi kreditur, laporan keuangan berfungsi sebagai bahan pertimbangan pemberian modal kredit, baik besar kecilnya maupun pertimbangan jangka waktunya.
*   Bagi masyarakat,  laporan keuangan dapat membantu masyarakat dengan menyediakan informasi kecenderungan (trend) dan perkembangan terakhir kemakmuran perusahaan serta rangkaian aktivitasnya.
*   Bagi pelanggan, laporan keuangan berfungsi sebagai bahan pertimbangan menjadi konsumen tetap (member) melihat keberlangsungan perusahaan. Contoh: menjadi member Alfa mart.
*   Bagi karyawan, laporan keuangan berfungsi untuk menilai kemampuan perusahaan dalam memberikan balas jasa, manfaat pensiun dan kesempatan kerja.

*   Bagi bursa efek, laporan keuangan dapat membantu untuk menentukan harga saham perusahaan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar